Kerangka dari Sistem Manajemen Pengetahuan untuk Manajemen Krisis Pariwisata
Kerangka dari Sistem Manajemen Pengetahuan untuk Manajemen Krisis Pariwisata
Zhiyang Jia, Yiyin Syi, Yuan Jia, Ding Li
Makalah ini menyajikan kerangka akademik sistem
manajemen pengetahuan untuk manajemen krisis pariwisata. Kerangka kerjanya adalah sistem perangkat lunak otonom, dan mampu
berkolaborasi dalam ekstraksi dan penyebaran pengetahuan di semua tahap krisis.
Kombinasi dari kecerdasan buatan dan teknologi berbasis web yang diterapkan
dalam kerangka yang dapat mengumpulkan, memilah, menyimpan, dan berbagi
informasi di seluruh organisasi. Kerangka kerja ini terdiri dari komponen yang
memainkan tiga jenis peran: pengetahuan ekstraktor, server pengetahuan, dan manajer pengetahuan. Fungsi dan penerapan
kerangka juga dibahas di koran. Beberapa strategi untuk proses penerapan
kerangka dieksplorasi.
Kerangka manajemen pengetahuan untuk manajemen krisis pariwisata dirancang dan
dikembangkan. Penelitian lebih lanjut dalam bidang ini jelas diperlukan untuk
membantu tujuan dalam penciptaan efektif dan penggunaan basis pengetahuan untuk
krisis. Topik-topik seperti integrasi rencana krisis dan pengetahuan individu,
proses untuk menangkap pengetahuan diam-diam setelah krisis dan membuatnya
eksplisit adalah kepentingan lebih lanjut. Seperti dengan semua penelitian,
studi ini memiliki keterbatasan. Salah satunya adalah bahwa, karena temuan
penelitian dihasilkan berdasarkan pada desain akademik, kepraktisan kerangka
dipertanyakan dari perspektif penelitian kuantitatif. Dengan kata lain,
penelitian ini harus memungkinkan peneliti lain untuk menggeneralisasi teori
yang diusulkan dengan menggunakan berbagai pengalaman untuk mengembangkan
Sumber :
A Framework of Knowledge Management Systems for Tourism Crisis Management
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877705811065209
Comments
Post a Comment